Pemkab HST

Bupati HST Hadiri Upacara Hari Pramuka ke-63 di Taman Dwi Warna

Bupati HST Hadiri Upacara Hari Pramuka ke-63 di Taman Dwi Warna

Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka HST hadiri upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka HST, bertempat di Taman Dwi Warna Barabai pada Kamis (19/9/2024).

Mengangkat tema “Pramuka Berjiwa Pancasila untuk Menjaga NKRI“, upacara tersebut dipimpin langsung Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj Raudatul Jannah atau yang sering disapa Acil Odah.

Dalam sambutannya Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan Ketua Kwarda Kalsel menerangkan bahwa seorang pramuka merupakan generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

“Kami sangat yakin SDM yang dipersiapkan gerakan pramuka berjiwa Pancasila karena dididik dengan fundamental value transformation gerakan pramuka yaitu pengalaman Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,“ jelasnya.

Ia menekankan dengan sinergitas, kolaborasi, dan partnership serta komitmen, konsisten maupun konsekuen, untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing pramuka akan menjadi aktor penggerak dan pilar kekuatan negara dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

Sementara Bupati Aulia mengatakan, pramuka tidak hanya mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, tetapi untuk menghargai jasa-jasa pendiri pramuka serta memperat tali silaturahmi antar sesama.

Aulia menyebut gerakan pramuka harus terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang.

“Sebagai pramuka Indonesia khususnya di Kabupaten HST, kita harus selalu siap mengabdi dan saling membantu sesama,”ucapnya.

“Selamat Hari Pramuka ke-63, semoga peringatan Hari Pramuka kali ini dapat mendorong kemandirian untuk mempercepat pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih andal dan lebih mandiri serta lebih baik di masa depan,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Ijazah Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjutan Tahun 2024 secara simbolis oleh Ketua Kwarda Kalsel dan disaksikan oleh Bupati HST.

Turut hadir Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka HST, Kwarcab HST, LPK, DKC, Kwartir Ranting (Kwaran) HST, Kwarcab Banua 5, Kamabigus Disdik dan Kamabigus Penmad, SLB dan juga Kwartir Daerah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *