Berita Utama Peristiwa

Evakuasi 125 Korban Kebakaran Kapal Niki Sejahtera Tiba di Banjarmasin

Evakuasi 125 Korban Kebakaran Kapal Niki Sejahtera Tiba di Banjarmasin

Setelah 24 jam sejak insiden terbakarnya Kapal Motor Niki Sejahtera di wilayah perairan Masalembo saat berlayar menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Kamis (1/8/2024) siang.

Ratusan korban yang berhasil di evakuasi, oleh Bakamla RI unsur KN Singa Laut-402, akhirnya tiba di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih, Jumat (2/8/2024) siang.

Setelah turun ke daratan, korban langsung beristirahat di ruangan tunggu terminal Pelabuhan Trisaksi. Mereka langsung dicek kesehatannya oleh tim medis. Namun, sebanyak enam korban harus dilarikan ke rumah sakit, akibat luka bakar 1 orang, mengalami trauma, hingga sesak nafas akibat asap kebakaran.

Komandan Bakamla KN Singa Laut-402 Letkol M Rita Udin, mengungkapkan, seluruh awak kapal dipastikan selamat, berjumlah 125 orang termasuk 40 orang kru Kapal Niki Sejahtera.

“Dari manifest kapal 120 orang dan 5 lagi penumpang gelap yang dibawa sopir truck, dari pemeriksaan, dipastikan seluruh awak selamat,” katanya.

Dia menyebut, insiden itu disebabkan salah satu mobil penumpang yang berada dilantai 2 Kapal, saat itu mengalami konsleting dan terbakar.

“Para kru kapal sempat mencoba memadamkan, api dimobil yang terbakar itu, namun tidak berhasil. Hingga memutuskan untuk proses penyelamatan seluruh awak Kapal,” ujarnya.

Selanjutnya, seluruh awak kapal yang selamat diserahkan secara simbolis kepada pihak KSOP Banjarmasin, untuk penanganan selanjutnya, hingga proses pemulangan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *