Daerah Pemkab HSS

Exit Meeting BPK-RI: Langkah Kritis Menuju Transparansi Keuangan Daerah

Exit Meeting BPK-RI: Langkah Kritis Menuju Transparansi Keuangan Daerah

KAKINEWS.ID, HSS – Tim Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Kalsel secara resmi menyelesaikan tugasnya setelah melakukan pemeriksaan interim atau pendahuluan selama sekitar sebulan di kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Acara Exit Meeting digelar pagi ini di Aula Rakat Mufakat Sekretariat Daerah (Setda) HSS, dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Drs. H. Muhammad Noor, M. AP yang mewakili Penjabat (Pj) Bupati HSS Drs. H. Hermansyah, MM yang sedang melakukan tugas di luar daerah (Jumat, 23/02). Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda, Pj. Bupati HSS mengucapkan terima kasih kepada Tim BPK-RI atas pemeriksaan yang dimulai sejak 22 Januari 2024.

“Akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah bukan hanya untuk memperoleh Opini WTP semata, tetapi juga sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah daerah kepada masyarakat. Semoga hasil pemeriksaan ini, terutama catatan dan arahan dari Tim BPK-RI, dapat dijalankan oleh seluruh perangkat kerja yang ada,” ungkapnya.

Pj. Bupati juga berharap agar jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dapat menyampaikan laporan lebih awal, bahkan sebelumnya jika memungkinkan, seperti yang biasanya dilakukan di Kalsel. Sementara itu, Pengendali Teknis Tim BPK-RI, Muzni Fauzi, menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang diberikan oleh Pemkab HSS selama pemeriksaan.

“Catatan yang kami sampaikan masih bersifat sementara, jadi beberapa poin yang kami anggap perlu diperbaiki, mohon untuk ditindaklanjuti. Beberapa di antaranya termasuk dalam bidang pendapatan daerah, kesehatan, PUPR, RSUD, dana hibah daerah, dan pengadaan barang dan jasa,” paparnya.

Pemeriksaan lebih rinci diharapkan dapat dilakukan dalam seminggu setelah ini, dengan upaya untuk tidak mengganggu bulan puasa. Dia juga meminta maaf atas kesalahan dan kekurangan yang mungkin terjadi selama pemeriksaan.

Dalam pertemuan Exit Meeting ini, dari Pemkab HSS turut hadir Asisten Administrasi Umum, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan jajaran Inspektorat HSS. Sementara dari BPK-RI Perwakilan Kalsel, seluruh anggota Tim yang dipimpin oleh Nur Hartanti, juga menyampaikan bahwa secara umum, kinerja HSS sudah cukup baik, hanya perlu beberapa perbaikan kecil yang harus segera dilakukan.(tim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *