Berita Utama Polri

Kapolda Kalsel Pimpin Pasukan, Siap Hadapi Pemilu 2024

Kapolda Kalsel Pimpin Pasukan, Siap Hadapi Pemilu 2024

BANJARMASIN, KN – Irjen Pol Andi Rian Djajadi, S.i.K., M.H., selaku Kapolda Kalsel, memimpin upacara pasukan siap menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) Serantak 2024. Pelaksanaan upacara berlangsung di Lapangan Murjani Banjarbaru, Selasa (17/10/2023) pukul 09.00 WITA.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Wakapolda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Forkopimda Provinsi Kalsel, Forkopimda Kota Banjarbaru, Penyelenggara, dan Pengawas Pemilu 2024. Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian, menggarisbawahi pentingnya kesiapan aparat kepolisian dalam memastikan kelancaran Pemilu 2024. Beliau menegaskan bahwa tugas utama polisi adalah menjamin Pemilu berlangsung aman, tertib, dan demokratis.

“Kita harus siap sedia menghadapi berbagai potensi ancaman selama proses Pemilu 2024. Keamanan masyarakat adalah prioritas utama kami,” kata Kapolda Kalsel.

Sebanyak 6000 personel dari Polda Kalsel ditugaskan untuk menjaga keamanan Pemilu Serentak 2024, dengan dukungan dari personel Korps Brimob Polri dan personel Dalmas.

Mengenai potensi kerawanan, Kapolda menyatakan bahwa meskipun Kalimantan Selatan tidak termasuk wilayah yang rawan, kita tidak boleh meremehkan situasi. Sebagai langkah antisipasi, semua pihak harus selalu siap menghadapi kemungkinan terburuk.

Kapolda menambahkan bahwa berdasarkan pemetaan risiko, Kalimantan Selatan cenderung aman dari kerawanan politis atau konflik, namun ada kerawanan geografis, seperti wilayah kepulauan di Kabupaten Kotabaru yang memerlukan transportasi laut dan daerah di pegunungan Meratus yang hanya dapat diakses dengan berjalan kaki.

Oleh karena itu, Polda Kalsel bersama Pemerintah Daerah dan semua pemangku kepentingan berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024, sehingga pesta demokrasi tersebut dapat berlangsung aman dan damai.

Kapolda Kalsel juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pemilu dengan memelihara perdamaian dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat merusak persatuan. Upacara pasukan siap ini merupakan simbol komitmen Polri dalam menjaga keamanan selama Pemilu 2024 di Kalimantan Selatan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *