Berita Utama Pemkab HST

KEGIATAN FOCOS GRUP DISCUSSION KDA HST 2024 BERSAMA PERANGKAT DAERAH DAN INSTANSI VERTIKAL LINGKUP HST

KEGIATAN FOCOS GRUP DISCUSSION KDA HST 2024 BERSAMA PERANGKAT DAERAH DAN INSTANSI VERTIKAL LINGKUP HST

Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.HST menjadi Narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) Kabupaten Dalam Angka (KDA) HST 2024 dan Pembinaan Statistik Sektoral 2024 bersama BPS Kab. HST, Rabu (21/02/2024).

Sekretaris Daerah HST yang diwaikil oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Zamhasari S.Ag,M.AP memberikan arahan kepada para peserta perangkat daerah yang hadir, agar memenuhi permintaan data yang diminta BPS HST melalui Diskominfo agar gambaran keadaan daerah bisa terlihat dalam publikasi KDA HST 2024.

Sementara itu Kapala BPS HST Deddy Winarno S.ST., M.Si menjelaskan tentang pentingnya ketersedian data dalam menunjang perencanaan pembanguanan dan para perangkat Daerah bisa menggunakan portal data untuk mengupload data yang ada pada masing-masing perangkat daerah agar mudah diakses.

Dalam paparan yang disampaikan Deddy menyampaikan terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana tujuan utama dalam pembangunan adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menikmaati umur panjang, sehat dan menjalankan kehidupan yang produktif.

Sedangkan Kepala Diskominfo Darkuni S. Hut memaparkan tentang penerapan Satu Data dalam publikasi KDA 2024. Diskominfo berperan sebagai walidata yang bertugas untuk memeriksa kesesuaian data dari produsen data, menyebarluaskan data dan metadata kedalam di portal data (Open Data HST), dan membantu pembina data tingkat daerah dalam membina produsen data.

Kita sudah membangun portal data yaitu Opendata HST, yang seiring berjalannya waktu akan terus kita kembangkan, ungkap Darkuni.

Setelah itu acara dilanjutkan sesi pendampingan data. Data yang telah dikumpulkan oleh perangkat daerah selaku produsen data dilakukan pengecekan sebagai quality kontrol apakah data yang dikumpulkan telah siap untuk dipublikasikan dalam KDA 2024 yang kemungkinan akan dipublikasikan serentak tanggal 28 Februari di seluruh Indonseia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *