Berita Utama Nasional

Listrik IKN Diklaim Aman Jelang Upacara Kemerdekaan RI

Listrik IKN Diklaim Aman Jelang Upacara Kemerdekaan RI

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) telah berhasil melistriki kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, 17 Agustus 2024.

Hal tersebut disampaikan Erick saat meninjau PLTS IKN di Kalimantan Timur bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

“PLTS ini sudah jadi, sudah produksi 10 megawatt, dengan kebutuhan IKN sekarang baru 1 megawatt,” ucap Menteri BUMN, Erick Thohir, dikutip RRI, Minggu (7/7).

Erick meminta PLN untuk terus memastikan kesiapan listrik di setiap lokasi peringatan Hari Kemerdekaan RI di IKN serta peralatan pendukung kelistrikan, seperti gardu induk yang memasok listrik ke venue upacara HUT Kemerdekaan.

“Kami sudah memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga aman di hari peringatan HUT Kemerdekaan,” ucap Erick.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN siap menghadirkan listrik yang bersih dan andal di peringatan Hari Kemerdekaan RI di IKN. Pihaknya telah memetakan kebutuhan listrik sebesar 1,5 megawatt (MW).

“PLTS IKN mampu memasok listrik 10 MW sejak Februari 2024. Kapasitas itu terus ditingkatkan menjadi 50 MW di akhir tahun 2024. Jadi peringatan HUT RI dipastikan full listrik dari PLTS,” ucapnya.

Darmawan menerangkan, PLN akan menggunakan skema kelistrikan 4 layer ke venue utama, Beranda Nusantara, perkantoran kawasan inti pusat pemerintahan, bandara, dan penginapan VVIP/VIP.

Pada layer pertama, PLN memasang Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk memastikan listrik andal tanpa kedip. Sedangkan layer kedua dan ketiga, PLN menyiapkan dua jaringan listrik bersumber dari dua gardu induk berbeda. Adapun layer keempat, PLN menyiapkan genset sebagai cadangan pasokan.

“Kami telah siapkan skema pengamanan berlapis, sehingga listrik peringatan HUT RI akan berlangsung andal,” kata Darmawan.

Untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik pada pelaksanaan HUT RI, PLN menyiapkan 16 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang bisa digunakan para pejabat negara, tamu undangan, dan peserta peringatan HUT RI.

PLN juga berkolaborasi dengan Bluebird dalam penyediaan SPKLU khusus untuk puluhan shuttle bus yang akan digunakan para peserta peringatan HUT RI di IKN. “Kami siap all out menyukseskan peringatan HUT RI ke-79 di IKN dengan menghadirkan layanan energi bersih secara end to end,” katanya, mengakhiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *