Uncategorized

Imbang Lawan PSM Muara Uya, Persiapan Tim Balangan Jelang Piala Suratin

TANJUNG – Tim Sepakbola Kabupaten Balangan tengah mempersiapkan diri menatap perhelatan Piala Soeratin U-17 tahun 2023 Zona Kalimantan Selatan (Kalsel).

Selain menggodok fisik, mental, dan pemahaman taktik di lapangan. Para pemain juga terus digenjot dengan memperbanyak uji tanding.

Pelatih tim Suratin Balangan, Hidayat meyebut, mentalitas anak asuhnya harus di level tertinggi jelang perhelatan Piala Suratin yang rencananya akan bergulir pada bulan November atau Desember mendatang. Satu cara untuk meningkatkan kekuatan mental adalah dengan rutin menggelar laga uji coba.

“Tim kami harus melakukan banyak uji coba, agar terbiasa mendapatkan tekanan, dan mengembangkan permainan secara kolektif maupun individu,” kata Hidayat, Minggu (29/10) sore.

Setelah sebelumnya melakoni dua ujicoba dengan tim lokal, Tim Suratin U- 17 kembali bertandang ke Lapangan Lembah Meratus Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Minggu (29/10).

Pada ujicoba kali ini, Balangan hanya mampu meraih hasil imbang 3-3 saat bersua tuan rumah, PSM Muara Uya. Tiga gol diciptakan oleh Rez, Riski, dan Fico. Sedangkan PSM Muara Uya menyarangkan bola melalui Edo, dan Bambang Noor Miswanto (2 gol).

Meski tidak meraih kemenangan namun sang pelatih mengaku cukup puas dengan apa yang ditampilkan para pemain. “Terlepas dari hasil, yang penting adalah bagaimana kita menanamkan filosofi bermain kepada anak-anak, dan memperbanyak jam terbang mereka,” tambahnya.

Hidayat juga tidak menampik ada beberapa evaluasi yang harus dibenahi setelah melakoni beberapa ujicoba. Salah yang disorotinya adalah kemampuan pemain depan dalam memaksimalkan peluang. “Pertama evaluasinya terkait penguasaan bola. Kemudian, kita ingin mempertajam lini depan. Bagaimanapun, kemenangan dalam sepakbola ditentukan oleh gol yang kita ciptakan. Jadi setiap peluang harus bisa dikonversi menjadi gol,” paparnya.

Sementara itu, Pelatih PSM Muara Uya U-17 Huriansyah mengatakan tim Suratin Balangan memiliki potensi yang bagus. Dirinya mendoakan tim asal Kabupaten tetangga itu bisa berbicara banyak pada perhelatan Suratin mendatang.

“Permainan mereka sudah cukup matang. Koordinasi tim, kualitas individu dan kolektif juga sangat baik. Tinggal dipoles sedikit lagi, sangat mantap jadinya nanti. Sebagai sesama insan sepakbola, kami mendoakan yang terbaik buat mereka,” kata Huriansyah.

Coach Huri berharap, langkah tim Suratin Balangan bisa ditiru tim-tim lain di Kabupaten Tabalong. Menurutnya, proses dan pembinaan yang baik akan menggiring prestasi di kemudian hari.

Di lain hal, Coach Huri juga memberi lampu hijau jika ada tim lain yang ingin berujicoba dengan PSM Muara Uya.

“Muara Uya sangat terbuka bagi tim manapun yang ingin bersilaturahmi dan beruji tanding dengan kami. Silahkan datang, mari sama-sama bertumbuh dan berproses demi kemajuan sepakbola,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada gelaran Piala Suratin U-17 nanti Tim Balangan tergabung di Grup B. Bersama tuan rumah Tanah Laut, Hulu Sungai Utara (HSU), dan Tapin.

Sebanyak 23 pemain disiapkan. Target 4 besar alias lolos semifinal menjadi harga mati bagi tim asal Bumi Sanggam. Meski kerangka tim sudah terbentuk, namun tim ini masih menerapkan sistem promosi-degradasi. Bagi pemain yang mengalami penurunan performa, akan digantikan oleh pemain lain yang sedang naik daun.(Jae)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *