Prov Kalsel

Optimalisasi APBD 2024: Pemprov Kalsel dan DPRD Kalsel Saling Mengawal

Optimalisasi APBD 2024: Pemprov Kalsel dan DPRD Kalsel Saling Mengawal

Suasana Kunjungan Kerja Badan Anggaran DPRD Kotabaru ke Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel.( dok.mckalsel )

 

BANJARMASIN, KAKINEWS.ID – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kotabaru. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas konsultasi kebijakan terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan.

Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Jaini, melalui Kepala Bagian Persidangan, Hukum, Alat Kelengkapan Dewan (AKD), dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Andri Yuzhar, menyatakan bahwa pentingnya optimalisasi pemanfaatan APBD 2024 untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan pembangunan Kalsel. Andri menegaskan bahwa meskipun besarnya APBD dalam setiap tahun anggaran, dampaknya tidak signifikan jika tidak dikelola secara efektif.

“Pemprov Kalsel dan DPRD Kalsel terus mengawal seluruh agenda pembangunan yang tercantum dalam APBD 2024 dengan prinsip efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas,” kata Andri, di Banjarmasin pada hari Senin (25/3/2024).

Dia menjelaskan bahwa APBD 2024 memperhatikan berbagai faktor, termasuk arah dan kebijakan umum, strategi, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), kebijakan pemerintah pusat, serta kondisi ekonomi makro. Andri juga menyoroti lima prioritas pembangunan yang menjadi acuan dalam rancangan APBD 2024, seperti penguatan sektor industri, UMKM, pertanian, dan pariwisata, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Rancangan APBD 2024 akan selalu mempertimbangkan manfaatnya untuk kesejahteraan rakyat, peningkatan pelayanan publik, pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi, serta ketahanan daerah dalam menghadapi bencana,” jelas Andri.(drs/mckalsel)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *