Prov Kalsel

Pemerintah Kalsel Gelar Kegiatan Home Visit untuk Anak Berkebutuhan Khusus

BANJARMASIN, KAKINEWS.ID – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalimantan Selatan telah menyelenggarakan kegiatan Home Visit kepada anak-anak yang menerima layanan di PLDPI Provinsi Kalsel.

Kepala UPTD PLDPI Provinsi Kalimantan Selatan, Misyawaliadi Noor, menjelaskan bahwa pelaksanaan Home Visit ini bertujuan untuk memantau perkembangan anak-anak setelah menerima pembelajaran dari para terapis.

“Kami ingin melihat sejauh mana kerjasama orang tua dalam menerapkan program-program yang telah disusun oleh para terapis, sehingga perkembangan anak-anak dapat lebih cepat tercapai,” ucapnya di Banjarmasin pada hari Senin (25/3/2024).

Misyawaliadi menjelaskan bahwa biasanya mereka melakukan dua kali kunjungan ke rumah anak-anak yang baru memulai pelayanan di PLDPI Provinsi Kalsel, dalam satu tahun atau dua semester.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Intervensi Terpadu, Slamet Riadi, menambahkan bahwa saat ini terdapat sekitar 88 anak yang tersebar di 4 kabupaten/kota yang akan menerima kunjungan home visit.

“Kunjungan home visit akan dilakukan dalam kurun waktu sekitar sepuluh hari ke depan, di mana para terapis akan mengunjungi rumah anak-anak untuk memantau perkembangan mereka serta memberikan bimbingan kepada orang tua dalam mendukung program-program yang telah disusun oleh terapis dan orang tua,” jelasnya.

Slamet juga berharap bahwa kegiatan ini akan membantu orang tua dalam memantau dan mengendalikan perkembangan anak-anak.

“Kami berharap agar orang tua dapat merespons dengan baik dan bekerja sama untuk meluangkan waktu guna memastikan kelancaran pelaksanaan program ini,” tambahnya.(drs/mckalsel)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *