Pemkab Balangan

Pemkab Balangan Bantu Pembangunan Gedung Empat PKBM

Pemkab Balangan Bantu Pembangunan Gedung Empat PKBM

Pemkab Balangan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan tahun 2024 ini kembali membangun prasarana untuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Proses pembangunan ini tak lepas dari perhatian Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Balangan.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Balangan, Taufiqurrahman melakukan peninjauan secara langsung untuk kegiatan tersebut.

Disampaikan Taufiq, ada empat PKBM yang tahun ini mendapatkan bantuan gedung baru, meliputi PKBM Bina Remaja di Kecamatan Paringin, PKBM Karang Bintang di Kecamatan Tebing Tinggi, PKBM Murai, Kecamatan Awayan dan PKBM Sumber Ilmu di Kecamatan Halong.

“Adanya bantuan gedung untuk PKBM ini menjadi bukti keseriusan Pemkab Balangan memberikan perhatian dan dukungan terkait sarana dan prasarana layanan pendidikan nonformal,” kata Taufiq, Jumat (13/9/2024).

Terlebih lanjutnya, selama ini yang menjadi kendala adalah kurangnya tempat untuk PKBM, dimana kebanyakan pelaksanaannya harus menumpang di rumah penyelenggara, sekolah formal atau balai adat.

PKBM ujar Taufiq menjadi sarana pendukung pendidikan dan menjadi lembaga pendidikan nonformal di tingkat kecamatan.

Selain itu peran PKBM juga sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan literasi masyarakat.

Di Kabupaten Balangan sendiri terangnya, ada 11 unit PKBM yang beroperasional.

Kegiatan di PKBM tersebut antara lain keterampilan khusus atau kursus, tatap muka dan belajar online, ulangan semester, ujian modul, dan uji kesetaraan serta taman bacaan masyarakat.

Taufiq berharap, adanya bantuan pembangunan gedung untuk sejumlah PKBM di Kabupaten Balangan dapat memberikan fasilitas yang kondusif bagi peserta belajar.

Selain itu harapnya pula, seluruh pengelola PKBM di Kabupaten Balangan bisa terus bersemangat untuk beinovasi meningkatkan literasi masyarakat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *