Pemkab HSS

PEMKAB HSS DORONG HADIRNYA LAYANAN SIAGA 112 UNTUK TANGGAP DARURAT MASYARAKAT

PEMKAB HSS DORONG HADIRNYA LAYANAN SIAGA 112 UNTUK TANGGAP DARURAT MASYARAKAT

Kandangan, 21 Januari 2025 – Dalam upaya meningkatkan respons cepat terhadap situasi darurat, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSS menggelar audiensi bersama PT. Jasnita Telekomindo, Tbk terkait rencana implementasi Layanan Siaga 112.

Kegiatan berlangsung di Aula Rakat Mufakat Sekretariat Daerah Kabupaten HSS dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo HSS Hj. Rahmawaty, ST, MT, jajaran kepala perangkat daerah, serta para kepala bagian lingkup Setda HSS.

Layanan Siaga 112 merupakan layanan panggilan darurat terpadu yang dapat dihubungi masyarakat dalam berbagai kondisi seperti kebakaran, kecelakaan, bencana alam, masalah kesehatan, hingga gangguan keamanan dan ketertiban umum.

“Layanan 112 ini merupakan nomor darurat internasional yang dirancang untuk mudah diingat dan dapat diakses secara gratis, bahkan tanpa SIM card atau saat jaringan provider terganggu,” jelas Senior Regional Manager PT. Jasnita Telekomindo Tbk, David Kristanto Yohansyah, S.Sos., MPP.

David juga menambahkan bahwa layanan ini telah banyak diterapkan di berbagai kabupaten/kota di Indonesia dan menjadi bagian penting dari implementasi program Smart City, khususnya pada aspek Smart Governance dan Smart Living.

Menanggapi pemaparan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten HSS Hj. Rahmawaty menyatakan dukungan dan kesiapan Pemkab HSS untuk menghadirkan layanan ini di tengah masyarakat.

“Kami menyambut baik rencana implementasi Layanan Siaga 112 di Kabupaten HSS. Mudah-mudahan ke depan layanan ini dapat segera terwujud sehingga masyarakat HSS bisa lebih mudah mendapatkan bantuan cepat saat terjadi kondisi darurat,” ujar Hj. Rahmawaty.

Audiensi ini menjadi langkah awal yang penting dalam perencanaan pembangunan sistem layanan darurat yang terintegrasi, cepat, dan responsif di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kehadiran Layanan Siaga 112 nantinya diharapkan tidak hanya mempercepat penanganan kedaruratan, tetapi juga menjadi bagian dari transformasi digital pelayanan publik di HSS menuju tata kelola yang cerdas dan tanggap terhadap kebutuhan warga.

+ posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *