Pemkab HST

Pemkab HST Raih Kategori A Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

Pemkab HST Raih Kategori A Pelayanan Publik dari Ombudsman RI

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) meraih Opini Kualitas Tertinggi atau kategori A dari Ombudsman RI, terkait penyelenggaraan pelayanan publik. Penganugrahan dilaksanakan di Swiss-Belhotel Banjarmasin, Rabu (11/12/2024).

Piagam penghargaan diserahkan oleh PLt Gubernur Kalsel H Muhidin, diterima langsung Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri, didampingi Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel Hadi Rahman dan Kepala Biro Organisasi Setda Prov Kalsel, Hj Galuh Tantri Narindra.

Hasil penilaian, Pemkab HST meraih nilai 93,57 sekaligus berhasil masuk dalam zona hijau yang merupakan kategori tertinggi dalam penilaian kualitas pelayanan publik. Pencapaian ini merupakan bentuk pengakuan atas kepatuhan dalam memberikan layanan publik yang berkualitas.

Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel, Hadi Rahman mengatakan berdasarkan Undang-Undang nomor 37 Tahun 2008 Ombudsman RI adalah lembaga negara independen yang memiliki fungsi pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik

“Dengan tugas utamanya adalah Pencegahan dan pemberantasan maladministrasi, dalam konteks pencegahan maladministrasi ada banyak hal yang kami laksanakan sejak tahun 2015 Salah satunya adalah penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik ini,” katanya.

Hadi Rahman juga menyampaikan bahwa penyerahan penghargaan di tingkat nasional sudah dilakukan di tanggal 14 November tahun 2024 lalu, Ia menyampaikan berterima kasih dan apresiasi, kepada Kepala Daerah dan undangan semua yang berkenaan hadir secara langsung maupun via zoom untuk mengikuti kegiatan penyerahan di tingkat provinsi kalsel.

“Perlu kita sama-sama sadari bahwa penilaian ombudsman tidak hanya menghasilkan nilai secara kuantitatif tapi juga kami harapkan berdampak secara kualitatif bagi penyelenggara pelayanan publik,”harapnya

Wakil Bupati HST, H Mansyah Sabri menyampaikan rasa syukur Pemkab HST dapat meningkatkan mutu pelayanan. Ia mengakui bahwa pencapaian tersebut merupakan bukti nyata dari komitmen Pemkab HST untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak lepas dari sejumlah langkah strategis dan inovasi yang dilakukan oleh Pemkab HST yang terus dievaluasi dan ditingkatkan setiap tahunnya.

Mansyah Sabri berharap, Pemkab HST bisa terus meningkatkan kualitas layanan publik agar bisa memenuhi harapan masyarakat dan menjamin kemudahan akses serta transparansi dalam setiap layanan yang disediakan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *