Berita Utama Pemkab Tala

Pj Bupati Tala Resmi Buka Pendampingan Penilaian Maturitas SPIP 2024

Pj Bupati Tala Resmi Buka Pendampingan Penilaian Maturitas SPIP 2024

 

BANJARBARU, KAKINEWS.ID – Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, H. Syamsir Rahman, membuka secara resmi kegiatan Desk Pendampingan Penilaian Mandiri Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2024 pada Jumat (20/09/2024). Acara tersebut digelar di Ballroom Fave Hotel Banjarbaru, dengan tujuan memperkuat sistem pengendalian internal pemerintah agar lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Dalam sambutannya, Syamsir Rahman menegaskan bahwa pelaksanaan SPIP merupakan langkah penting dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. Menurutnya, SPIP adalah mandat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, di mana Presiden sebagai Kepala Pemerintahan diwajibkan untuk menjalankan pengendalian intern di seluruh instansi pemerintahan, termasuk di tingkat daerah.

“Penerapan SPIP bukan hanya penting untuk efektivitas dan efisiensi pemerintahan, tetapi juga demi menciptakan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan dan kegiatan pemerintah,” ujar Syamsir.

Ia menambahkan, SPIP memiliki fungsi strategis tidak hanya dalam meningkatkan kinerja dan tata kelola keuangan, tetapi juga dalam melindungi aset negara. “SPIP memastikan seluruh kegiatan pemerintah dijalankan sesuai aturan yang berlaku serta melindungi aset negara,” tambahnya.

Syamsir juga menyinggung capaian Kabupaten Tanah Laut pada penilaian SPIP tahun 2023, yang berhasil mencapai level tiga dengan skor 3,036 berdasarkan evaluasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan. Tahun ini, lanjutnya, pihaknya menargetkan peningkatan kualitas SPIP melalui pendampingan dan evaluasi berkelanjutan.

“Kami berharap melalui pendampingan ini, kualitas SPIP di Tanah Laut dapat meningkat, sehingga tata kelola pemerintahan kita menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Acara ini diharapkan mampu mendorong peningkatan maturitas SPIP dan menjadi fondasi penting dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih profesional dan akuntabel di Tanah Laut.(drs)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *