Berita Utama Pemkab Batola

Satlinmas, Apdes, dan Kasi Trantib Ikuti workshop Aplikasi SIM Linmas

Satlinmas, Apdes, dan Kasi Trantib Ikuti workshop Aplikasi SIM Linmas

Kaki News, Marabahan

Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Kabupaten Barito Kuala (Batola) melalui Bidang Linmas menggelar Workshop Aplikasi SIM Linmas (Sistem Informasi Manajemen Satuan Perlindungan Masyarakat) dan Sosialisasi Kelinmasan menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2024.
Kegiatan yang berlangsung di Aula Selidah Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Batola ini yang dibuka Plt. Kasatpol-PP dan Damkar Batola, Dahtiar Fajar S.STP, MSi, Senin (27/05/2024).
Workshop dan Sosialisasi Kelinmasan yang melibatkan 50 peserta yang berasal dari 40 anggota Satlinmas Desa/Kelurahan, 5 Aparatur Desa (Apdes), dan 5 Kasi Trantib Kecamatan di 5 kecamatan ini melibatkan nara sumber (narsum) Sekretaris Satpol-PP dan Damkar Batola, Hj Sri Wahidah SAP, MIP dan dari anggota Satpol-PP Marissa dan Ahmad Ramadhani.
“Sebagaimana kita ketahui anggota satlinmas memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 yaitu membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu penanggulangan bencana, membantu berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, hingga membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu,” tutur Kasatpol-PP dan Damkar Batola, Dahtiar Fajar.
Disadari, sebut Fajar, anggota satlinmas dalam bekerja tidak mudah karena dituntut sukarela tanpa gajih dan kesanggupan untuk aktif dalam kegiatan perlindungan masyarakat disamping juga dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan wawasan pengetahuan seiring kemajuan teknologi informasi.
Dalam kaitan itulah, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Kewilayahan telah membangun sistem informasi pelaporan berbasis smartphone berupa Aplikasi SIM Linmas (Sistem Informasi Manajemen Perlindungan Masyarakat).
Dikatakan, melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 331.1/6702/bak tanggal 3 November 2021 meminta seluruh anggota satlinmas agar memanfaatkan aplikasi ini.
Seiring Surat Edaran Mendagri inilah, lanjut pria yang juga menjabat Kadis BP2RD Batola itu, sehingga Satpol-PP dan Damkar Batola melalui Bidang Linmas menggelar kegiatan Workshop SIM Linmas sekaligus melaksanaan Sosialisasi Kelinmasan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi anggota satlinmas yang bertugas di wilayah masing-masing.
“Saya berharap melalui kegiatan ini nantinya para peserta memperoleh bekal pengetahuan dan wawasan tentang Kelinmasan maupun Aplikasi SIM Linmas. Agar segala bentuk kegiatan khususnya terkait penyelenggaraan ketertiban umum, ketenteraman masyarakat, dan perlindungan masyarakat serta kegiatan sosial lainnya bisa dilaporkan,” tuturnya.
Mengingat pentingnya kegiatan, Plt Kasatpol-PP dan Damkar Batola ini, berharap seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan secara sungguh-sungguh dengan memanfaatkan kesempatan untuk menggali pengetahuan.
“Silahkan pergunakan waktu pertemuan ini dengan baik. Jangan sungkan untuk bertanya dan berdiskusi agar pengetahuan yang sampaikan bisa diserap secara maksimal,” pesan Fajar.
Sebelumnya, Plt Kasi Linmas, Muhammad Noor SAP mengatakan, Workshop Aplikasi SIM Linmas yang bertemakan “Menjadikan Aplikasi SIM Linmas Sebagai Sarana Pelaporan Setiap Kejadian di Masyarakat” ini untuk memperkenalkan aplikasi kepada para anggota Satlinmas desa dan kelurahan di wilayah Barito Kuala. Agar setiap kegiatan dan kejadian, khususnya yang melibatkan para anggota Satlinmas, bisa dilaporkan secara berjenjang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *