Daerah

Warga Pematang Danau Sahur Bareng Gubernur Kalsel

Warga Pematang Danau Sahur Bareng Gubernur Kalsel

Melanjutkan rangkaian Sahur dan Da’wah 1445 Hijriah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambangi warga Desa Pematang Danau, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (08/04/2024) atau Ramadan ke-28.

Sahur bersama yang diisi dengan tausiah oleh Guru Ahmad Supian Al-Banjari ini tepat berlangsung di kediaman KH Sazali, ulama dan tokoh masyarakat setempat.

Tidak beda jauh dengan lokasi-lokasi Sahur bersama di tempat lain, Paman Birin mendapat sambutan luar biasa warga yang nampak bahagian bisa bertatap muka dan makan bersama di bulan puasa ini.

“Ulun sangat bersyukur dan terima kasih atas sambutan warga yang sangat luar biasa dalam acara sahur dan Da’wah Paman Birin dan Guru Supian ini,” ujar Gubernur.

Paman Birin juga mengatakan, di desa yang didatangi di penghujung bulan puasa ini, memiliki kesan sendiri bagi perjalanan karier sebelum menjadi Gubernur Kalsel.

Turut mendampingi Paman Birin, Komisaris Bank Kalsel, Rizal Akbar, Staf Khusus Gubernur Ahmad Maulana, Asisten, staf khusus, dan sejumlah kepala dinas/biro lingkup Pemprov Kalsel.

Sahur bersama dimulai dengan lantunan ayat Alquran oleh qari internasional Muhammad Rizqon Bin Muhammad Bakir, kelahiran Mandingan Kabupaten Tanah Laut Kalsel yang saat ini berdomisili di Jawa Barat.

Adapun Guru Supian, dalam tausiyahnya antara lain menyampaikan soal keutamaan memberikan nama yang baik untuk anak. Mulai dengan menyertakan nama-nama Allah (Asmaul Husna) yang diawali dengan Abdul.

Kemudian memberikan nama anak laki-laki diawali Muhamad atau Ahmad, atau nama dengan bahasa arab yang memiliki arti yang baik.

Pesan lainnya terkait cara membersihkan hati yang diibaratkan bisa berkarat, yakni dengan banyak membaca Alquran dan ingat akan kematian yang pasti dialami semua manusia.

Terakhir disampaikan Guru Supian bagaimana seseorang bisa mengalami kematian dengan baik (husnul khatimah) yakni 3-S ujarnya, rajin Shalat, sering ber-Salawat dan suka ber-Sedekah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *