Telkomsel Lanjutkan Upgrade Layanan 3G ke 4G/LTE di 300 Kota/Kabupaten Secara Bertahap Mulai Februari 2023
BANJARMASIN â Mengawali tahun 2023, Telkomsel menegaskan komitmennya
dalam mendorong pemerataan dan kesetaraan akses konektivitas digital
berteknologi terdepan bagi seluruh lapisan masyarakat. Kini melanjutkan proses
peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 300
kota/kabupaten di Indonesia.
Upaya dimulai di
Februari 2023, menargetkan 119 kota/kabupaten di Wilayah Jawa Tengah, Jawa
Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.
Proses pemerataan
jaringan 4G/LTE ini, kelanjutan yang sudah dimulai sejak Maret 2022 dan sudah
mencakup 204 kota/kabupaten dari total 504 kota/kabupaten yang ditargetkan di
Indonesia.
Termasuk 40
kota/kabupaten di wilayah Kalimantan yaitu Kota Balikpapan, Kabupaten Paser,
Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Bontang, Kutai Timur, Kota Samarinda
(Kalimantan Timur), Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kabupaten
Tanah Laut, Kabupaten Balangan, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai
Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten
Tabalong, Kabupaten Tapin, Kabupaten Kotabaru (Kalimantan Selatan), Kabupaten
Barito Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kota
Palangkaraya, Kabupaten Lamandau (Kalimantan Tengah), Kabupaten Kayong Utara,
Kabupaten Ketapang, Kabupaten Melawi, Kota Singkawang, Kota Pontianak,
Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sambas, Kabupaten Kuburaya,
Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang (Kalimantan Barat),
Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan,
Kabupaten Tana Tidung (Kalimantan Utara).
âFebruari 2023 ini
menjadi proses percepatan dalam upaya keberlanjutan Telkomsel untuk melakukan
upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di beberapa
wilayah di Indonesia yang telah konsisten dilakukan sejak tahun lalu,â? ujar
General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Kalimantan
Fredy Hilton Tambunan.
Menurutnya, komitmen itu bagian konsistensi Telkomsel
mengakselerasi transformasi digital pelanggan di seluruh Wilayah Indonesia
melalui penyediaan teknologi jaringan broadband berteknologi terdepan yang
lebih inklusif dengan keunggulan kualitas yang merata.
âKami optimis,
proses upgrade layanan jaringan tersebut mampu meningkatkan ekonomi digital
nasional seiring dengan semakin terbukanya peluang yang lebih luas bagi seluruh
lapisan masyarakat dalam mengoptimalkan berbagai potensi kemajuan di berbagai
wilayah dengan dukungan pemanfaatan teknologi digital terkini.â? tambah Fredy.
Proses upgrade
layanan jaringan 3G ke 4G/LTE telah dilakukan Telkomsel secara bertahap dan terukur
sejak Maret 2022 dengan menargetkan 504 kota/kabupaten wilayah populasi
Indonesia.
Hingga akhir tahun
lalu, Telkomsel sukses melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 204
kota/kabupaten. Melalui proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE ini,
Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan di tahun 2022 (YoY)
yang menggunakan uSIM 4G sebesar 7,3 persen, yang diikuti dengan pertumbuhan
trafik payload 4G sebesar 18,2 persen (YoY).
Mempercepat
peralihan pelanggan yang menggunakan layanan 3G ke 4G/LTE, Telkomsel turut
menghadirkan berbagai kemudahan bagi pelanggan yang ingin menukarkan atau
mengganti kartu non-4G ke uSIM 4G melalui sejumlah kanal layanan pelanggan.
Pelanggan dapat
memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses mitra e-commerce (Shopee,
Tokopedia, Bukalapak), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online melalui
tsel.me/graparionline.
Mekanisme online,
pelanggan dapat merasakan manfaat lebih karena kartu uSIM 4G akan diantarkan
langsung ke alamat tujuan pelanggan.
Informasi terkait
proses ganti kartu, pelanggan dapat mengakses berbagai kanal informasi layanan
Telkomsel seperti melalui akun resmi media sosial Facebook dan Twitter dan
layanan Virtual Assistant (VA) Telkomsel yang tersedia di sejumlah platform pesan
instan terkemuka.
Sedangkan untuk
mekanisme offline, pelanggan cukup mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI
terdekat. Selama proses migrasi ke uSIM 4G dan pada saat registrasi uSIM,
Telkomsel akan memastikan validasi registrasi data pelanggan yang terdaftar
pada kartu non-4G sebelumnya sudah sesuai dengan identitas Nomor Induk
Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP
elektronik dan Kartu Keluarga (KK).
Pelanggan
disarankan terlebih dahulu melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri
melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# langsung dari ponsel pelanggan.
Apabila terdapat
ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan segera melakukan registrasi ulang dengan
cara mengetik ULANG
Pelanggan yang
ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G diharapkan terlebih dahulu melakukan
pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada
perangkat yang digunakan.
Pengecekan dapat
dilakukan dengan mudah melalui *888*47#. Proses upgrade jaringan 3G ke 4G
dilakukan secara bertahap dan terukur dengan tetap mengedepankan kenyamanan
pelanggan dan menyesuaikan kesiapan ekosistem 4G secara keseluruhan.
Telkomsel juga
menghadirkan promo bagi pelanggan yang melakukan migrasi/ penukaran uSIM 4G,
dengan mendapatkan tambahan kuota hingga 30 GB selama 3 hari di jaringan 4G
untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan dengan pemakaian lebih dari Rp
100.000.
Pelanggan juga
dapat menikmati program bundling smartphone 4G yang merupakan salah satu upaya
Telkomsel untuk membuka peluang lebih luas bagi pelanggan yang terkendala
karena belum memiliki device yang mendukung jaringan 4G agar dapat bermigrasi.
Melalui program
bundling smartphone 4G, tersedia ragam pilihan smartphone terjangkau yang telah
mendukung akses jaringan 4G Telkomsel untuk dipilih pelanggan, seperti Samsung,
Nokia, Advan, Oppo, Vivo, dan lainnya.
Hingga kini sekitar
9 persen pelanggan Telkomsel di wilayah
Kalimantan masih menggunakan kartu 3G dan belum melakukan migrasi ke uSIM 4G,
Telkomsel secara aktif juga berkeliling hingga ke desa/kecamatan untuk terus
mengedukasi pelanggan dalam memaksimalkan layanan jaringan 4G Telkomsel. âSemoga
upaya upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE ini dapat berjalan lancar, sehingga mampu
berkontribusi dalam mendorong pembangunan ekosistem digital di setiap daerah di
Indonesia yang berdampak pada penguatan ekonomi digital nasional, serta dapat
meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup
digital melalui pemanfaatan teknologi jaringan terdepan 4G/LTE,â? imbuh Fredy.
Informasi lebih
lengkap mengenai mekanisme pelaksanaan program upgrade layanan 3G ke 4G/LTE
Telkomsel, jadwal proses, dan daftar kota/kabupaten hingga ragam promo produk
serta layanan terkait dapat diakses melalui tautan tsel.me/untungjadi4G.
(af/bjm)