Ekonomi dan Bisnis

Telkom Resmi Integrasikan IndiHome ke Telkomsel

Telkom Resmi Integrasikan IndiHome ke Telkomsel

 

BANJARMASIN, KN – PT Telkom Indonesia
(Persero) Tbk (Telkom) dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah
menandatangani akta pemisahan (deed of spin-off) untuk mengintegrasikan
IndiHome ke Telkomsel. Hal ini ditandai dengan penandatanganan antara Direktur
Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam.

Setelah peningkatan modal Telkomsel sehubungan
dengan transaksi ini diberitahukan kepada Menteri Hukum dan Asasi Manusia
Republik Indonesia yang direncanakan 1 Juli 2023, secara legal IndiHome akan
resmi berada dalam pengelolaan Telkomsel mulai 1 Juli 2023.

Kesepakatan ini merupakan tonggak penting bagi implementasi inisiatif
Fixed Mobile Convergence (FMC) TelkomGroup sebagai bagian dari strategi utama
perusahaan Five Bold Moves, dalam rangka menciptakan dampak berkelanjutan di
masyarakat, seperti menghadirkan layanan broadband yang lebih luas, merata dan
handal, mendukung akselerasi inklusi digital dan ekonomi digital, meningkatkan
level playing field industri telekomunikasi Indonesia, serta memperkuat bisnis
perseroan di masa mendatang.  

Dengan selesainya proses integrasi IndiHome menjadikan kepemilikan
efektif Telkom di Telkomsel naik menjadi 69,9%, sementara Singtel di Telkomsel
menjadi 30,1%. Pengalihan IndiHome ke Telkomsel ini sekaligus menandai refocus
bisnis dalam TelkomGroup, yakni segmen Business to Consumer (B2C) sepenuhnya
dikelola oleh Telkomsel, sementara Telkom akan fokus untuk menjadi pemimpin
pasar pada segmen Business to Business (B2B) yang merupakan sumber pendapatan
baru potensial untuk pertumbuhan Telkom yang lebih tinggi di masa
mendatang. 

“Hari ini merupakan tonggak perjalanan yang penting bagi transformasi
TelkomGroup yang akan berfokus memajukan B2B Indonesia. Kami mengucapkan terima
kasih atas dukungan seluruh pemangku kepentingan terhadap langkah transformasi
Telkom yang masih terus berjalan untuk menciptakan nilai yang optimal baik bagi
perusahaan, pelanggan, masyarakat, pemegang saham, dan pemerintah,� ungkap
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.  

Ririek menambahkan, kajian mendalam terkait FMC telah dilakukan dan
bahkan 23 dari 25 operator telco terbesar dunia telah mengimplementasikan FMC.
Hal ini menunjukkan bahwa inisiatif FMC merupakan langkah yang paling tepat dan
sudah terbukti hasilnya. Adapun langkah strategis Telkom ini juga didukung
Kementerian BUMN. 

“Setelah ini, IndiHome akan bersinergi dengan Telkomsel untuk
menghadirkan inovasi yang memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan serta
seluruh stakeholder. Ke depannya TelkomGroup akan melanjutkan rencana
transformasi Five Bold Moves lainnya, seperti InfraCo, Data Center Co, B2B Digital
IT Service Co, dan DigiCos,â€? jelas Ririek.  

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam juga menjelaskan, “Integrasi
IndiHome ke Telkomsel menjadi milestone penting bagi Telkomsel sebagai bagian
dari TelkomGroup, yang senantiasa terus membuka peluang kemajuan dan melampaui
ekspektasi pelanggan, dengan menghadirkan pemerataan akses broadband terkini
dengan pengalaman konektivitas digital yang lebih lengkap, serta dukungan
layanan unbreakable wifi yang andal dan terintegasi, terutama bagi pelanggan dari
segmen rumah tangga (household) atau keluarga, melalui keunggulan inisiatif
FMC.â€?  

Integrasi IndiHome ke Telkomsel juga mencakup pengelolaan bisnis dan
pelanggan untuk beberapa layanan, seperti internet (fixed broadband), telepon
rumah (fixed line), Internet Protocol Television (IPTV), ragam bundling layanan
digital consumer lainnya. Terkait integrasi tersebut, Telkomsel berkomitmen
untuk menjamin tidak ada penurunan kualitas terhadap layanan broadband IndiHome
pada masa transisi. Sementara itu, untuk biaya layanan kepada pelanggan maupun
paket berlangganan yang dinikmati konsumen saat ini tidak akan terdapat
perubahan sesuai ketentuan pada kontrak yang telah disepakati antara pelanggan
dan IndiHome. 

Hendri lebih lanjut menegaskan, Telkomsel bersama dengan TelkomGroup
telah melakukan persiapan menyeluruh agar proses integrasi berjalan mulus
(seamless). Telkomsel  meyakini, langkah inisiatif FMC ini akan memperkuat
posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di
Indonesia, yang secara konsisten akan menghadirkan inovasi konvergensi produk
dan layanan, dengan mengakselerasi kesetaraan pengalaman masyarakat dalam
pemanfataan layanan gaya hidup digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Mulai 1 Juli 2023, untuk kebutuhan informasi dan layanan, pelanggan
IndiHome juga dapat menghubungi customer touch point Telkomsel, seperti Call
Center 188, website www.telkomsel.com, layanan email [email protected], dan
GraPARI (walk-in). Sedangkan, untuk layanan customer touch point IndiHome,
seperti Aplikasi myIndiHome, website www.indihome.co.id, Plasa Telkom
(walk-in), Call Center 147, serta akun media sosial @IndiHomeCare, masih tetap
melayani pelanggan IndiHome seperti biasa.

Untuk mendukung transisi yang mulus dan kelancaran operasional, Telkom
dan Telkomsel telah memiliki kesepakatan dari sisi sumber daya manusia terkait
talent transfer dan talent mobility. Kolaborasi dan sinergi karyawan di
TelkomGroup adalah salah satu kunci untuk memperkuat bisnis broadband ritel di
Telkomsel serta transformasi B2B di Telkom. Telkom juga akan melakukan
percepatan transformasi segmen B2B hingga ke level Telkom Regional agar dapat
melayani segmen ini secara menyeluruh untuk mendukung sektor korporasi, UMKM,
maupun instansi pemerintah dalam melakukan digitalisasi. (af/bjm)

 

Website |  + posts