PT Borneo Indobara Selenggarakan Workshop Tata Kelola Kelembagaan KPSPAMS Desa Makmur
TANAH BUMBU, KAKINEWS.ID – PT Borneo Indobara (BIB) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar workshop mengenai tata kelola kelembagaan bagi KPSPAMS atau Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) di Desa Makmur. Acara ini berlangsung di Balai Desa Makmur, dengan dihadiri oleh sekitar 25 peserta dari berbagai unsur, termasuk kelompok pengelola air bersih Desa Makmur, perangkat desa, Perkumpulan Warga Mandiri Bersama, KPSPAMS Desa Banjarsari, dan perwakilan dari Pamsimas.
Workshop yang berlangsung pada Senin ( 26/08/24 ) bertujuan untuk memperkuat kelembagaan KPSPAMS dalam mengelola sistem penyediaan air bersih di Desa Makmur. Acara ini juga menghadirkan tenaga ahli dari Pamsimas serta berkolaborasi dengan KPSPAMS Desa Banjarsari, yang telah berhasil dalam mengelola sumber air bersih di desanya. Testimoni dan berbagi pengalaman dari KPSPAMS Desa Banjarsari menjadi bagian penting dari acara ini.
Dua materi utama disampaikan dalam workshop ini. Materi pertama mengenai penguatan kelembagaan KPSPAMS dan tatay kelola administrasi yang disampaikan oleh Bapak Gunadi, Ketua Pamsimas Tanah Bumbu. Sementara materi kedua mengenai sharing knowledge dan testimoni pengelolaan air bersih disampaikan oleh Sundari Puji Rahayu, pengelola KPSPAMS Tirta Wangi Desa Banjarsari.
Dalam kesempatan tersebut, Sundari Puji Rahayu, yang akrab disapa Ayu, berbagi cerita tentang perjalanan panjang KPSPAMS Tirta Wangi dalam mengelola kelembagaan air bersih. Dimulai dari kesulitan mendapatkan air, penggunaan sumur bor, hingga pemanfaatan embung dan kini menggunakan Void Andaru yang didukung oleh PT BIB. Kini, penyaluran air bersih dari KPSPAMS Tirta Wangi telah mencapai 100% dan dapat digunakan oleh masyarakat Desa Banjarsari untuk kebutuhan sehari-hari.
Gunadi dalam sambutannya mendorong masyarakat Desa Makmur untuk mulai melakukan sosialisasi mengenai pentingnya KPSPAMS. Hal ini bertujuan agar saat sistem pengelolaan air bersih telah beroperasi, masyarakat dapat bekerja sama dalam mengelola saluran air yang ada dengan baik.
Silvyna Aditia, Departemen Head Empowerment and Development CSR PT Borneo Indobara, menekankan pentingnya tata kelola kelembagaan, perizinan, dan aspek lainnya dalam pengelolaan infrastruktur air bersih. Ia juga menegaskan komitmen PT BIB untuk terus mendampingi masyarakat hingga mereka mampu mengelola KPSPAMS secara mandiri dan berkelanjutan.
“Partisipasi aktif dari semua pihak terkait sangat dibutuhkan agar infrastruktur air bersih ini dapat dikelola secara mandiri dan berkelanjutan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat desa dalam jangka panjang. CSR PT BIB akan selalu siap mendampingi masyarakat hingga KSPAMS bisa mandiri,” ujar Silvyna.
Silvyna juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Pamsimas dan KPSPAMS Desa Banjarsari yang telah bersedia berbagi ilmu dengan KPSPAMS Desa Makmur. Saat ini, infrastruktur pengelolaan air bersih di Desa Makmur masih dalam proses pengerjaan oleh PT BIB dan mitra haulingnya.
Masyarakat Desa Makmur yang hadir dalam workshop ini sangat berharap agar air bersih tersebut dapat segera digunakan, terutama karena sering mengalami kekeringan saat musim kemarau panjang.(drs)