Berita Utama Pemkab Balangan

Pemkab Balangan dan Polres Bantu Penyediaan Air Bersih Wilayah Pedalaman

Pemkab Balangan dan Polres Bantu Penyediaan Air Bersih Wilayah Pedalaman

Program penyediaan air bersih kolaborasi Pemkab Balangan dan Polres Balangan kini sasar wilayah pedalaman. Satu di antaranya di Dusun Hampang, Desa Uren, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Beberapa tandon disiapkan sebagai tempat penampungan air, dimana rencananya air tersebut akan disambungkan ke rumah-rumah warga.

Kapasitas penyediaan air bersih ini mampu memenuhi kebutuhan air untuk 40 KK di Dusun Hampang. Tujuannya mendekatkan air bersih hingga ke rumah.

Meski kebutuhan air di desa terpenuhi karena berada di kawasan pegunungan, namun saat kemarau, beberapa aliran sungai menjadi kering dan warga pun harus pergi ke sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ketersediaan air di Dusun Hampang kali ini disalurkan dari mata air yang jaraknya kurang lebih dua kilometer dari pemukiman penduduk.

Dari hasil kolaborasi penyediaan air bersih tersebut, warga pun semakin mudah untuk mendapatkan air bersih.

Bupati Balangan, Abdul Hadi yang diwakili oleh Asisten Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Balangan, Tuhalus bersama Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin secara simbolis meresmikan sistem pengairan perdana di Kampung Hampang, Jumat (20/9/2024).

Menurut Kapolres, bantuan yang diberikan merupakan penanganan dari keluhan warga perihal sulitnya air saat musim kemarau.

Melalui program kolaborasi dengan Pemkab Balangan tersebut lanjutnya, Bhabinkamtibmas dikerahkan untuk memastikan kebutuhan air warga terpenuhi dan bantuan penyediaan air tepat sasaran.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Bupati Balangan, Tuhalus menyampaikan, bantuan penyediaan air hingga ke rumah warga menjadi satu upaya Pemkab Balangan untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Balangan.

“Kabupaten Balangan melakukan peningkatan SDM hingga ke pelosok dengan harapan turut terlibat dalam mendukung Indonesia emas,” kata Tuhalus.

Pemenuhan kebutuhan air bersih lanjutnya sebagai salah satu upaya peningkatan SDM, mengingat air yang bersih untuk dikonsumsi juga mendukung tumbuh kembang.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Balangan, Supianoor menyampaikan terimakasihnya karena keluhan warga terkait kebutuhan air bersih bisa ditangani.

“Memang di tempat ini sungai besarnya jauh, sehingga dibutuhkan penyediaan air bersih untuk mempemudah warga mendapatkan air terutama saat kemarau,” ujar Supianoor.

Ia pun menyatakan program kolaborasi Pemkab Balangan dan Polres Balangan melalui penyediaan air bersih sangat membantu untuk warga.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *