Olahraga

Karateka ASKI Balangan Raih Medali di ajang POMNAS

Karateka ASKI Balangan Raih Medali di ajang POMNAS

PARINGIN – Karateka asal Kabupaten Balangan, Akhmad Yusi berhasil mempersembahkan medali perak untuk kontingen Kalsel pada POMNAS ke XVIII 2023.

Karateka binaan Akademi Seni-Bela Diri Karate Indonesia (ASKI) Dojo BTKC itu turun di kelas Kumite Beregu Putera -67 kg Cabang Olahraga (cabor) Karate.

Pengurus ASKI Balangan sekaligus pelatih Karate, Akhmad Rifky mengatakan, Yusi memang berbakat. Sejak menekuni beladiri karate di kelas 2 MIN Layap Paringin, Ia selalu menunjukkan potensi maksimal sehingga kerap mendulang prestasi.

“Yusi sempat mewakili Kalsel pada ajang pra-PON, beberapa pekan lalu. Sayang, dibabak kualifikasi tersebut, ia kandas,” tuturnya.

Namun bukannya down, Yusi malah melampiaskannya di pentas nasional yaitu POMNAS. Hingga akhirnya, usaha tersebut berbuah manis.

“Kami berharap Yusi yang kini berstatus sebagai Mahasiswa JPOK FKIP ULM semester 3 itu bisa mendapatkan perhatian yang layak dari pemerintah daerah. Karena sejak masuk tim pra-PON hingga POMNAS, belum ada perhatian untuknya. Apalagi, Yusi merupakan salah satu aset kita, Karateka potensial bagi Kabupaten Balangan,” imbuhnya.

Terpisah, Yusi mengaku pencapaian di POMNAS menjadi motivasi tersendiri untuk menatap event berikutnya. Setelah ini, dirinya akan kembali berjibaku di ajang Shukaido open 2023 di Banjarbaru, serta Kejurnas ASKI di Medan tahun depan. Dirinya akan turun di kelas +67 Kg, dnegan mengusung target medali emas.

“Sangat siap karena sejak sebulan yang lalu mengikuti training camp. Bahkan sebelum POMNAS, sudah berlatih secara maksimal. Semoga hasilnya sesuai harapan,” pungkasnya.(jae)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *