Berita Utama Daerah

Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Balangan Petakan Kerawanan Pemilu

Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Balangan Petakan Kerawanan Pemilu

PARINGIN, KN – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Balangan menegaskan kesiapan pengamanan jelang pemilu tahun 2024. Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, mengatakan, pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

Dengan berbagai kesiapan-kesiapan yang dilaksanakan, AKBP Riza menyebut kesiapan pengamanan pemilu 2024 sangat penting. TNI, Polri, pemerintah daerah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan partai politik siap bekerja sama untuk mensukseskan dan mengamankan pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

“Diharapkan pemilu ini nantinya dapat berjalan aman, lancar dan damai sehingga menghasilkan para pemimpin yang diinginkan,” harapnya.

Kapolres menyatakan, Persiapan untuk mapping atau pemetaan kerawanan baik secara demografi dan geografi sudah dilakukan secara maksimal. “Delapan pilar kesiapan yang dilakukan yaitu Siap Pilun atau Kesiapan piranti lunak merupakan kesiapan terhadap seluruh produk administrasi,” lanjutnya.

Kemudian, dokumen yang mendukung kegiatan pengamanan pemilu mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan pasca pengamanan pemilu tahun 2024.

“Kesiapan pos komando atau siap posko merupakan kesiapan ruangan atau tempat yang digunakan sebagai pusat pengendalian beserta sarana prasarananya dalam rangka mendukung operasi mantap brata,” tambahnya lagi.

Kesiapan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat atau siap kondisi kamtibmas yaitu kesiapan kesatuan untuk melaksanakan kegiatan kepolisian dan operasi kepolisian guna menciptakan kondisi yang kondusif dalam mendukung penyelenggaraan pemilu 2024.

Sementara itu, Bupati Balangan, Abdul Hadi, menyampaikan meski DPT Balangan terendah se Kalimantan Selatan, dirinya meminta kepada semua pihak agar tidak lengah dan lalai, karena di situ ada potensi kerawanan konflik.

“Mudah-mudahan pelaksanaan pemilu 2024 nanti berjalan aman dan kami dari pemerintah daerah akan memberikan dukung semisal diperlukan dari sisi anggaran dan pengelolaan keamanan nanti kita anggarkan bersama Ketua DPRD Balangan,” harap Bupati.

Abdul Hadi menambahkan pada pelaksanaan pemilu nanti, infrastruktur jalan ke desa yang lokasinya jauh dan terpencil sudah lebih baik dari pemilu sebelumnya.

“Banyak pembangunan jalan desa sudah bisa kita rasakan pada akhir tahun ini, hal ini juga memudahkan untuk kegiatan pemilu mendatang,” pungkasnya.(dir)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *