Pemkab Balangan

Inovasi Dewa Cinta Milik Disdukcapil Balangan untuk Melayani Masyarakat Terpencil

Inovasi Dewa Cinta Milik Disdukcapil Balangan untuk Melayani Masyarakat Terpencil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, meluncurkan inovasi Dokumen Kependudukan Warga Terpencil Terlayani (Dewa Cinta) guna menanggulangi isu dokumen kependudukan yang sering dihadapi masyarakat di wilayah terpencil.

Program Dokumen Kependudukan Warga Terpencil Terlayani (Dewa Cinta) ini merupakan inovasi yang dibuat oleh mantan Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Balangan Hj Ellyanor S.Sos., MM.

Namun inovasi Dewa Cinta ini baru bisa dilaunching saat Hj Ellyanor sudah purna tugas.

Jabatan Kepala Disdukcapil Kabupaten Balangan saat ini, diisi oleh Aspariah yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Balangan.

Terkait program Dewa Cinta ini, Hj Ellyanor menjelaskan, inovasi ini

mengimplementasikan strategi layanan jemput bola untuk administrasi kependudukan, dengan menyasar langsung daerah-daerah terpencil.

“Penduduk yang secara geografis tinggal berjauhan akan dikonsolidasikan di satu lokasi, seperti rumah warga, untuk mempermudah pemberian seluruh jenis pelayanan,” ujar Ellyanor pada senin (4/7/2025).

Dalam inovasi ini, semua permohonan dokumen kependudukan akan diproses secara terpusat dalam SIAK di kantor Disdukcapil. Dokumen yang telah diterbitkan kemudian akan didistribusikan kembali kepada penduduk secara kolektif melalui koordinasi dengan perangkat desa.

Ellyanor menambahkan bahwa inovasi Dewa Cinta memiliki keunggulan signifikan dalam mengatasi tantangan akses dokumen kependudukan di wilayah terpencil.

“Masyarakat di wilayah terpencil seringkali menghadapi kendala jarak, transportasi, dan biaya untuk mencapai kantor Disdukcapil. Inovasi Dewa Cinta menghilangkan hambatan ini, memastikan bahwa layanan kependudukan dapat diakses oleh semua warga, tanpa terkecuali,” ungkapnya.

Dengan inovasi ini, Disdukcapil Balangan dapat menjangkau lebih banyak warga yang sebelumnya mungkin kesulitan atau tidak sempat mengurus dokumen kependudukan mereka.

Hal ini dinilai berkontribusi pada peningkatan data kependudukan yang akurat dan komprehensif serta peningkatan cakupan pelayanan.

Sampai saat ini, inovasi Dewa Cinta telah mampu melayani delapan desa dan anak desa wilayah terpencil di Kabupaten Balangan. Tingkat kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Balangan juga semakin meningkat dari tahun ke tahun, yaitu 93,46% pada tahun 2022, 94,24% pada tahun 2023, dan 96,55% pada tahun 2024.

Ellyanor berharap, inovasi Dewa Cinta dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat terpencil di Kabupaten Balangan.

“Inovasi ini menunjukkan komitmen nyata pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada di pelosok,” kata Ellyanor.

+ posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *