Pemkab Balangan

DKUKMTK Balangan Perkuat Keterbukaan dan Kualitas Pelayanan Publik Lewat Forum Komunikasi Publik

DKUKMTK Balangan Perkuat Keterbukaan dan Kualitas Pelayanan Publik Lewat Forum Komunikasi Publik

BALANGAN – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Tenaga Kerja (DKUKMTK) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas dan keterbukaan pelayanan publik melalui penyelenggaraan Forum Komunikasi Publik (FKP) yang digelar di Aula DKUKMTK, Desa Mampari, Kecamatan Batumandi, Rabu (29/10/2025).

Kegiatan FKP ini menjadi sarana dialog interaktif antara pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengevaluasi, menampung aspirasi, serta memperkuat standar pelayanan di bidang koperasi, UMKM, dan ketenagakerjaan.

Penanggung Jawab Pelayanan Publik DKUKMTK Balangan, Syifa Miratil Hayati, menjelaskan bahwa pelaksanaan FKP tahun ini berfokus pada aspek transparansi informasi dan peningkatan akses publik terhadap layanan dinas.

“Kami melaksanakan FKP tentang standar pelayanan, dan salah satu tugas kami adalah keterbukaan mengenai sistem informasi maupun pelayanan yang ada di DKUKMTK,” ujar Syifa.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga menjadi momentum penting untuk menyosialisasikan berbagai layanan utama yang dikelola oleh DKUKMTK agar masyarakat lebih memahami alur dan standar pelayanan yang berlaku.

Menurut Syifa, meskipun DKUKMTK memiliki beragam jenis layanan, namun terdapat empat bidang utama yang menjadi fokus peningkatan mutu, yaitu:

  1. Bidang Penempatan Tenaga Kerja
  2. Bidang Balai Latihan Kerja (BLK)
  3. Bidang Usaha Kecil Menengah (UKM)
  4. Bidang Koperasi

“Pelayanan di dinas sebenarnya banyak, namun yang kami sematkan ada empat pelayanan utama, terutama di Bidang Penempatan, BLK, Usaha Kecil Menengah, dan Koperasi,” jelasnya.

Syifa menegaskan, penyelenggaraan FKP merupakan wujud pelaksanaan amanat pemerintah untuk meningkatkan indeks pelayanan publik sekaligus memperkuat prinsip transparansi dan akuntabilitas birokrasi.

“Sebagai bentuk bakti kami dalam menjalankan amanat peningkatan indeks pelayanan publik, dengan adanya standar pelayanan yang baku dan terbuka bagi masyarakat, kami berharap masyarakat dapat lebih memahami sistem pelayanan di DKUKMTK,” tuturnya.

Kegiatan FKP ini turut dihadiri oleh perwakilan masyarakat, akademisi, media massa, serta instansi terkait seperti pihak kecamatan. Partisipasi lintas sektor ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dalam menciptakan pelayanan publik yang transparan, responsif, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

Melalui forum ini, DKUKMTK Balangan berkomitmen untuk menjadikan pelayanan publik yang terbuka, partisipatif, dan berintegritas sebagai bagian dari reformasi birokrasi menuju tata kelola pemerintahan yang lebih baik di Kabupaten Balangan.

+ posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *